Rabu, 31 Maret 2010

pengenalan CFML

Halo semua. Disini saya akan memberika yang terbaik bagi teman-teman. Saya mau sharing tentang ilmu saya dan saya mau berbagi untuk teman-teman. apabila ada yang salah mohon diperbaiki. Saya mau memberikan materi tentang CFM, semoga lebih banyak pecinta CFM. Karena saya sudah selesai buat Tugas Akhir dengan CFML OK ? semoga membantu.

Mengapa Memilih CFM?

Pertama saya akan berikan apasih CFM itu? saya akan mengupas sesuai dengan TA saya. Dan juga didukung oleh artikel lainnya.
Allaire ColdFusion adalah sebuah web application server yang digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi e-business yang membutuhkan tingkat skalabilitas tinggi. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat mengenai Allaire ColdFusion, manfaat dan fitur serta perbandingan ColdFusion dengan web application server lain maupun dengan bahasa pemrograman web lainnya. Seluruh isi artikel ini mengacu kepada Allaire ColdFusion versi 4.0 hingga 4.5.

Sekilas ColdFusion
ColdFusion adalah sebuah web application server yang digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi e-business yang membutuhkan tingkat skalabilitas tinggi dengan melakukan integrasi antara teknologi browser, server, basis data dan component object lain. Berikut adalah diagram sederhana bagaimana ColdFusion bekerja: Pada Gambar dibawah ini:

ColdFusion menyediakan fasilitas visual programming, basis data dan alat bantu untuk melakukan pelacakan kesalahan dalam sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang disebut ColdFusion Studio.

Fitur-fitur penting yang disediakan oleh ColdFusion adalah kemampuannya melakukan integrasi dengan teknologi maupun aplikasi lain seperti basis data, e-mail, directory, XML dan enterprise system. ColdFusion mendukung pula pengimplementasian pada lingkungan multi-server clusters dengan load balancing dan fail over yang sangat dibutuhkan pada aplikasi web dengan beban kerja tinggi. ColdFusion menyediakan kemudahan dalam melakukan koneksi dengan basis data melalui teknologi ODBC, OLE DB, dan native drivers untuk Oracle dan Sybase. Sedangkan untuk pengembangan lainnya, ColdFusion menyediakan fasilitas untuk berinteraksi dengan object-object lain seperti Java Servlet, COM dan Corba.

Mengapa ColdFusion?
Berdasarkan hasil analisa pasar, ColdFusion adalah web application server dengan tingkat penjualan paling tinggi (ASH2000).

Terdapat beberapa alasan utama mengapa ColdFusion dapat menjadi pilihan utama para pengembang aplikasi web yang akhirnya membuat tingkat penjualan ColdFusion begitu tinggi, yaitu:…Bersambung…>>

Lanjutan artikel diatas…………
1. Sederhana
Bagi para pengembang aplikasi web, ColdFusion akan sangat mudah untuk dipelajari. Sintaks bahasa pemrograman yang digunakan ColdFusion atau ColdFusion Markup Language (CFML) bersifat tag-based, atau dengan kata lain memliki sifat yang sama dengan HTML. Selain itu bahasa pemrogramannya mudah untuk dimengerti, tanpa harus mempelajari sintaks atau kata kunci dan tanda pengenal lain yang biasanya dibutuhkan pada bahasa pemrograman lain.

Berikut adalah contoh sederhana CFML:





Keyword anda mengandung kata ColdFusion


Keyword anda tidak mengandung kata ColdFusion




Dari potongan kode diatas, pemrogram akan langsung dapat mengerti maksud program tanpa harus mengingat-ingat tanda-tanda pengenal maupun kata kunci yang seringkali membingungkan. Meskipun demikian ColdFusion juga mendukung penggunaan ekspresi-ekspresi regular POSIX, terutama bagi para pengembang dilingkungan UNIX yang mungkin telah terbiasa menggunakannya.

Selain itu, dari potongan kode diatas, jelas terlihat bahwa script atau tag ColdFusion dapat langsung disisipkan pada kode HTML tanpa perlu melakukan perubahan. Bandingkan dengan salah satu contoh bahasa pemrograman web lainnya:

if(!(ora_columnname($cursor,$index)== “ID_TODO”))
{
print(”\n”);
print(” \n”);
print(ora_columnname($cursor,$index));
print(”
”);
print(””);
}

Dari kedua potongan kode diatas, jelas terlihat bahwa CFML dapat dengan sangat mudah diintegrasikan dengan editor-editor HTML lain yang telah ada, karena tidak perlu melakukan perubahan pada tag HTML yang sudah dibuat. Hal ini menjadi sangat penting karena kebanyakan pengembang web melakukan proses desain web pada editor WYSIWIG. Bayangkan jika setelah selesai melakukan proses desain, pemrograman web harus mengubah seluruh baris HTML agar dapat dimengerti oleh penerjemah bahasa pemrograman yang mereka gunakan.

Hal ini pula yang akhirnya menjadikan Allaire sebagai pencipta ColdFusion diterima oleh kalangan industri lain, terutama yang mengeluarkan produk untuk pengembangan web. Sebagai contoh, Adobe dan Macromedia sebagai perusahaan pengembang aplikasi editor HTML WYSIWIG yang paling banyak digunakan saat ini mengintegrasikan kemampuan scripting CFML pada produk-produk yang mereka ciptakan.

2. Kekuatan
ColdFusion menggabungkan dua nilai penting dalam pemrograman web yaitu simplicity (kemudahan) dan powerful (kekuatan). Lebih dari tujuh puluh (70) tag CFML dan lebih dari dua ratus (200) fungsi-fungsi yang disediakan oleh ColdFusion akan sangat membantu pengembang dalam proses pengembangan aplikasi web (ALL1999).

Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang memberikan kemudahan sekaligus kekuatan pada ColdFusion:

o Konstruksi program yang jelas, seperti flow control dan decision making.

o Akses basis data dengan mudah, termasuk akses stored procedure dan transactions melalui ODBC, OLE DB maupun native drivers yang disediakan.

o Kemudahan untuk melakukan komunikasi antar protokol seperti LDAP, POP3, SMTP, FTP dan HTTP,

o Integrasi yang baik dan mudah dengan teknologi lain seperti COM, CORBA dan EJB.

o Kemampuan untuk mengembangkan tag-tag khusus yang dapat diprogram menggunakan bahasa lain seperti C++, Java dan tentu saja CFML sendiri.

o Application framework yang baik termasuk untuk faktor keamanaan.

3. Komunitas
Salah satu alasan utama penggunaan ColdFusion adalah adanya dukungan dari komunitas pengembang lain. Allaire menyediakan fasilitas ?developer forum? dan “ColdFusion user group? yang juga dapat berfungsi sebagai komunitas open source untuk membantu pengembang lain yang membutuhkan bantuan.

To Be Continue………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar